Menumbuhkan Prakarsa Melalui COMMUNITY DEVELOPMENT

Posted: February 13, 2010 in Politik Sosial dan Budaya
Tags: ,

Andryan Wikrawardana

Kehidupan berbangsa dan bernegara tak pernah lepas dari upaya untuk menyejahterakan masyarakat yang menjadi unsur utama dalam negara. Pembangunan adalah salah satu mekanisme yang harus diterapkan untuk mewujudkan kesejahteraan yang diharapkan. Pembangunan sendiri biasa di asosiasikan dengan kemajuan sosial ekonomi masyarakat. Sehingga, pembangunan selalu identik dengan perubahan sosial dan pertumbuhan ekonomi.

Akan tetapi, pembangunan tidak sekedar berbicara mengenai persoalan sosial dan ekonomi. Pembangunan dapat pula diartikan sebagai proses gabungan dari berbagai bidang yang melibatkan perubahan terhadap struktur dan kultur masyarakat. Kemudian pembangunan juga melibatkan pertumbuhan ekonomi, penegakkan keadilan, dan pemberantasan kemiskinan.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat dipahami bahwa sebenarnya objek utama pembangunan adalah masyarakat. Perubahan yang diharapkan melalui sebuah pembangunan tak lain hanyalah untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian kita tahu bahwa pembangunan bukanlah sekedar angka ekonomi melainkan bagaimana caranya agar masyarakat mampu mengakses hasil positif dari pertumbuhan ekonomi tersebut.

Strategi Menembus Batas

Upaya pembangunan dewasa ini selalu identik dengan pendekatan makro dan cenderung berupa fisik, terkonsentrasi pada kutub tertentu dan mengesampingkan berbagai hal. Pembangunan konvensional hanya mampu menempatkan masyarakat sebagai objek pembangunan. Sehingga tercipta ketergantungan yang sangat tinggi di masyarakat terhadap pemerintah.

Pola Pembangunan harusnya mulai bergeser pada peningkatan sumberdaya manusia agar manusia Indonesia dapat menjadi manusia yang mandiri serta mampu mengarahkan dirinya untuk mencapai kesejahteraan.  Dengan demikian, permasalahan klasik yang terjadi di masyarakat seperti kemiskinan, tingkat pendidikan yang rendah, hingga masalah kesehatan pada akhirnya akan menjadi mudah diatasi.

Community development adalah sebuah strategi menembus batas. Suatu proses yang dirancang untuk menciptakan kemajuan kondisi ekonomi dan sosial bagi seluruh warga masyarakat dengan partisipasi aktif dan sejauh mungkin menumbuhkan prakarsa masyarakat itu sendiri. Strategi ini juga merupakan sebuah cara untuk melaksanakan pembangunan langsung pada titik krusialnya ketika pembangunan nasional hanya berkutat pada upaya peningkatan angka-angka secara makro.

Sulitnya akses terhadap pendidikan, informasi maupun teknologi membuat masyarakat mengalami kesulitan dalam menciptakan kemandirian. Community development dapat mengembangkan potensi masyarakat dengan memberikan informasi terkait aspek-aspek yang mampu mengakselerasi pencapaian kesejahteraan mereka.

Gerakan community development dapat juga dilakukan dengan kegiatan pendidikan masyarakat seperti pengentasan buta aksara dan penumbuhan minat membaca pada masyarakat pedesaan maupun masyarakat marginal perkotaan. Aplikasi disiplin ilmu mahasiswa melalui pendidikan teknologi tepat guna seperti diversifikasi energi dan pertanian juga menjadi langkah strategis yang akan mampu membawa perubahan signifikan pada masyarakat. Selain transfer teknologi gerakan juga dapat dilakukan dengan pembelajaran sosial politik seperti pendidikan antikorupsi, hukum, dan voters education.

Sebuah Revolusi Pola Pikir

Pembangunan merupakan hal yang harus dilaksanakan. Dan untuk membangun segala aspek yang ada di negara ini bukanlah hal yang mudah. Untuk itu bangsa Indonesia perlu melakukan revolusi pola pikir sebagai satu cara untuk memberikan penyadaran bagi seluruh komponen bangsa. Jika revolusi pola pikir dalam membangun dapat diterima dan dipahami dengan baik, maka inovasi sosial dapat diselenggarakan. Dan apabila revolusi pola pikir itu tidak mampu dilakukan oleh pemerintah, maka mahasiswa harus tampil sebagai garda depan perubahan.

Gerakan community development oleh mahasiswa adalah sebuah revolusi pola pikir yang harus segara dilaksanakan. Bukan sekedar mengejar eksistensi pribadi, namun sebuah gerakan perwujudan nilai-nilai kerakyatan yang menjadi nilai luhur perjuangan bangsa. Komitmen, konsistensi dan implementasi adalah modal utama untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s